twitter facebook email Line

Saturday, November 29, 2014

Review timnas sepakbola Indonesia


sebagai pengemar sepakbola ,melihat hasil pencapaian dari timnas senior di aff 2014 tentunya gue merasa sangat kecewa melihat timnas gagal juara ,jangankan juara lolos semifinal pun tidakdi turnament antara negara di asia tengara.
 

kegagalan timnas senior ini tentunya berdampak pada ranking dunia tim sepakbola Indonesia,saat postingan ini di bikin gue cek Indonesia ada di peringkat 157 dari total 209 negara! 
apakah menurut kalian ada yang aneh dengan angka diatas ? 
kalo fokus keanehan kamu ada pada angka yang tertera di atas,berarti kita memperhatikan hal yang sama. 

negara kita ,Republik Indonesia tercinta ini adalah negara terbesar ke 15 di Dunia.dengan populasi terbanyak ke 4 di dunia, dan Sepakbola adalah olahraga dengan pengemar paling banyak, selain Badminton, Basket ,Volly,dll.

ya memang sih apalah artinya rank (peringkat) yang penting kan bukti nyatanya. belum tentu negara yang katanya secara urutan lebih baik dari Indonesia bisa menang lawan Indonesia cuma karena angka diatas.

tapi tentunya rank itu bisa jadi bahan bahasan kita untuk mengetahui kenapa bisa begitu? 
jadi ayo kita bahas,berdasarkan perspektive pengemar timnas, kalo mau tau berdasarkan perspektive pemain gue merekomendasikan untuk baca blog-nya Bepe

okeh,ayo kita mulai review timnas
Katanya Indonesia itu sering kalah fisik dengan pemain luar negeri.

yang ini alasan yang ga bisa diterima banget buat gu sebagai pengemar karena menurut gu secara skill pemain Indonesia mampu kok untuk menyaingi pemain luar negeri.
kecuali kalo lawanya dari luar angkasa,dari galaxy yang berbeda itu mungkin akan beda cerita.
memang bener aspek fisik ini penting banget untuk olahraga,tapi apakah bener itu akan mmenjadi faktor penghambat ? .kita ambil contoh deh,katanya pemain Indonesia itu kalah secara fisik karena kurang tinggi secara rata rata.
no problem! lihat pemain lain yang sukses meskipun badanya tidak setinggi pemain Eropa secara umum ( kita ambil eropa sebagai tolak ukur ,karena eropa sepakbolanya paling keren secara prestasi )
 ada Lionel Messi 5' 7" (1.69 m), ada juga Alexis Sanches 5' 7" (1.69 m), Antonio Di Natale 5' 7" (1.70 m) , Santi Cazorla 5' 5" (1.65 m), dan masih banyak pemain hebat lainya.

bagaimana cara pemain hebat itu bersaing dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik diantara pemain lainya yang memiliki keungulan secara fisik dibanding pemain lain?
ya bukan hal yang mudah memang, mereka adalah profesional yang hebat karena latihan dan motivasi yang kuat. itulah yang melahirkan skill mereka. itu saja ? belum semua, selain skill mereka juga cerdas menerapkan strategi dan  kerjasama,karena ini bukan permainan 1 orang ,sepakbola adalah permainan strategi tim ,bukan sekedar berebut bola dan tendang bolanya ke arah lawan.

lalu adakah yang salah dari timnas Indonesia? karena Indonesia juga sebenarnya punya banyak pemain yang memiliki kemampuan olah bola yang jago dan hampir mirip tapi belum sehebat pemain dunia memang. contohnya Joshua Pahabol, Andik Vermansyah,Maldini Pali, dan banyak lainya apa yang menyamakan 3 pemain yang gue sebutkan barusan? mereka punya skill individu olah bola yang hebat dan kecepatan ! meskipun kalau di suruh adu bola udara kemungkinan menangnya kecil,tapi olah gocek bola? boleh lah di adu.


No comments :

Post a Comment